Senin, 11 Juli 2011

Langkah Sebelum Membeli Asuransi!

Karena Keterbatasan Masyarakat Kita tentang Asuransi, Maka kali ini kita akan membahas tentang Langkah-langkah sebelum membeli asuransi. Karena kita tidak ingin hanya sekedar tahu berapa premi asuransi yang dibayarkan per bulan atau per tahun. Atau bahkan malah kita membeli asuransi tanpa berfikir kembali apa jenis kebutuhan yang sebenarnya sangat kita butuhkan.



Apabila kita cermati Sebenarnya Asuransi memiliki fungsi utama yaitu sebagai proteksi, yaitu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan menimbulkan financial loss,kita akan sangat terbantu jika dapat mengalihkan resiko tersebut pada perusahaan asuransi.

Berikut ini lima langkah dalam membeli asuransi:
1. Memilih Jenis Proteksi
Pertama marilah memilih jenis proteksi yang kita butuhkan. Perhatikan Financial Loss yang mungkin terjadi. Jika sakit kita bisa kehabisan uang karena harus membayarkan ongkos berobat, anda akan membutuhkan asuransi kesehatan. Jika terjadi Tabrakan, tentu anda akan membayar ongkos perbaikan kendaraan dibengkel, maka anda membutuhkan asuransi kendaraan.
Kebutuhan proteksi ini tentusangat bergantung pada kondisi hidup kita masing-masing. Jangan sembarangan membeli asuransi! Jangan Lupa ada premi asuransi atau biaya yang kita keluarkan, sementara kita punya kebutuhan yang lain juga. Karena itu, tentukan terlebih dhulu kebuutuhan proteksi mana yang anda butuhkan.
2. Periksa Prosedur dan Persyaratan Klaim
Manfaat membeli asuransi adalah proteksi/perlindungan. Untuk memastikan perlindungan ini setara dengan kebutuhan kita, perhatikan prosedur dan persyaratan klaim. Misalnya untuk asuransi kesehatan, pastikan anda memang menggunakan kamar yang sesuai dengan manfaat asuransi agar prosedur klaim mudah. Anda juga perlu menyimpan semua bukti pembayaran premi asuransi jiwa.
3. Kemampuan Membayarkan Premi
Bagaimanapun juga anda harus membayar premi atau ongkos agaar dapat menikmati perlindungan asuransi. Jadi, jangan sampai anda membeli produk yang tidak dibutuhakan atau membeli produk tetapi tidak mampu membayar preminya..
4. Memilih Produk dan Perusahaan Asuransi
Setelah kita tahu jenis asuransi mana yang kita butuhkan, saatnya kita memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi.Banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa ada produk asuransi tradisional murni dengan manfaat yang baik dan premi rendah. Ini dapat membuat arus kas kita efisien.Bahkan ternyata banak yang belum tahu bahw aproduk asuransi tradisional dapat dibeli secara terpisah. Asuransi kesehatan bisa anda beli melalui perusahaan general insurance, sementara asuransi jiwa bisa anda beli melalui perusahaan life insurance.
Setelah mengetahui berbagai produk asuransi tradisional ini, anda juga perlu memilih perusahaan asuransi yang akan menjadi mitra anda. Kita perlu memastikan perusahaan asuransi ini beroperasi dengan baik dan sehat agar dapat terus memberlikan perlindungan. Anda dapat memriksa risk based Capital dari setiap peruasahaan asuransi. Ada peraturan khusus tentang besaran RBC demi mengatur sehat atau tidaknya perusahaan asuransi yang beroperasi diIndonesia.
5. Kemana Membeli Asuransi?
Anda dapat langsung berhubungan dengan agen asuransi dan memilih sendiri asuransi yang anda inginkan. Cara lainnya adalah membeli melalui bank.Produk Bank Inssurance sudah begitu beragam saat ini, anda pun dapat memnfaatkan layanan terpadu bank saat memilih produk di bank langganan.

Nah seseudah mempelajari lima langkah tadi, selalu pastikan anda memiliki asuransi yang anda butuhkan.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes |