Senin, 28 November 2011

Andai Saya Anggota DPD RI Banten

  Dewan Perwakilan daerah merupakan representatif masyarakat daerah yang memiliki kewajiban untuk memajukan daerahnya. Undang-undang yang dibuat harus memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan daerah yang diwakili. Namun ada semacam kendala yang dihadapi oleh anggota DPD yaitu segala hal tentang kebutuhan daerah dan prioritas masing-masing kebutuhan tersebut.Tetapi hal ini hendaknya tidak akan menjadi masalah sepanjang anggota dpd tersebut memiliki integritas dan seorang  visioner.
  Andai saya anggota DPD RI dari Dapil Provinsi Banten ada beberapa hal yang akan saya lakukan berkenaan dengan kewajiban, fungsi dan wewenang saya sebagai anggota DPD RI. Hal yang pertama adalah melakukan kajian dengan anggota DPD lain yang berasal dari Dapil yang sama yaitu dapil Banten, meskipun pada awalnya kami berkompetisi untuk dapat mewakili banten kini kami semua anggota DPD RI dapil Banten harus dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di provinsi banten dengan membuat Perencanaan pengawalan pengembangan daerah baik secara ekonomi,pendidikan,pembangunan,dan sumber daya manusia.
  Kedua, Sinkronisasi  rencana pengembangan daerah antar pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar semua memiliki pandangan yang sama dan memiliki blue print pembangunan daerah kedepan sehingga tidak timbul kebijakan-kebijakan daerah yang saling kontraproduktif dengan rencana pengembangan daerah selanjutnya saya dan rekan-rekan anggota  DPD RI provinsi Banten dapat secara jelas mengawal kepentingan pembangunan daerah banten.
  Ketiga, peningkatan peran pemerintah pusat bagi pengembangan daerah dalam upaya mendorong terealisasinya rencana pengembangan daerah yang telah dibahas bersama dengan pemerintah daerah.
  Keempat, meningkatkan peran legislasi dalam upaya membuat produk undang-undang yang dapat memberikan efek pembangunan daerah di Indonesia.
  Provinsi banten yang merupakan daerah yang dekat dengan Ibu kota Negara dan memiliki letak yang sangat strategis akan dapat prioritas Utama dalam pembangunan, maka potensi-potensi yang ada di provinsi banten akan sangat berharga jika bisa di manage dengan sangat baik. Pengembangan pelabuhan sebagai penghubung sumatera dan jawa, pembangunan kawasan industri untuk penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional, pengembangan kawasan wisata hayati maupun wisata modern yang sangat potensial di provinsi banten akan menjadi senjata Utama dalam rangka mensejahterakan masyarakat.
  Andai saya anggota DPD RI, akan saya manfaatkan masa-masa reses untuk terjun ke masyarakat dalam upaya melakukan penjaringan aspirasi,kebutuhan riil masyarakat dan melakukan evaluasi terhadap pembangunan yang telah dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Mengadakan koordinasi dengan DPRD provinsi maupun kabupaten/kota dalam upaya melahirkan produk undang-undang yang saling menyokong antara yang satu dengan yang lainnya.
  Dan andai saya anggota DPD RI maka salah satu hal yang terpenting yang akan saya lakukan adalah memberikan teladan bagi masyarakat dan menumbuhkan rasa keterwakilan dari masyarakat terhadap diri saya sehingga akan ada efektifitas dalam upaya penyerapan aspirasi masyarakat. Karena ketika masyarakat memiliki perasaan keterwakilan diri mereka terhadap anggota DPD nya maka mereka tidak akan sungkan dalam menyampaikan aspirasinya.
  Saya rasa hal-hal yang saya kemukakan diatas bisa menjadi realita dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang menjadi anggota DPD RI, apabila dia memiliki integritas dan visioner dalam melakukan pengembangan daerahnya.

5 komentar:

M Farobi Afandi mengatakan...

pemilihan besok langsung nyalon ja mas, hehehe

soe mengatakan...

Modalnya gede banget jadi DPD harus punya suara di setiap kabupaten/kota se-provinsi.

Sekarang jadi Parlemen Jalanan aja,

H Husni mengatakan...

blog bang ajat keren ni.. gmn bang belajar buat blog yg bagus ky gini?

H Husni mengatakan...

terus berkarya bang.. kesibukan skrng ngapain aja bang? kerja bagian apa bang?

soe mengatakan...

@hafidz masih banyak orang baik di dunia maya dan kita tinggal berbagi manfaat ajah

-sekarang kerja di bogor fidz, di perusahaan konsultan IT

ente dah lulus belum? ditunggu neh kabar baikny

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes |