Kamis, 23 Februari 2012

Tanggal Tua nih

Baca koran Media Indonesia hari ini memiliki pembahasan menarik tentang manajemen keuanagan kehidupan sehari-hari kita, dengan judul "Berdamai di Tanggal Tua" langsung membuat saya tertarik untuk membaca pembahasan tersebut.

Ternyata menurut Mas Pandji Harsanto SE RFA salah seorang perencana keuangan yang juga sebagai  Staf Kemenkeu RI mengatakan tentang paradigma mengenai akhir bulan yang menakutkan harus segera diubah. Menurut dia, tindakan yang harus dilakukan bukan mengencangkan sabuk di akhir bulan, melainkan kita harus cermat dalam melakukan manajerial anggaran di awal bulan.
Nah, berarti selama ini kita salah dong? ( jawab sendiri aja yah ..... hehehe)
Tetapi tenang ada cara yang cukup jitu yang disampaikan mas Pandji yaitu membuat pengaturan alokasi dana kebutuhan selama satu bulan. Alokasi dana bisa dilakukan dengan mengisi uang ke amplop-amplop terpisah sesuai dengan kebutuhan kita.
Contohnya satu amplop untuk bayar sewa/cicilan rumah, satu amplop untuk transport, untuk sekolah, untuk tagihan listrik, dan kebutuhan yang lainnya. Bahkan bisa juga kita rencanakan liburan dengan anggaran yang sudah dialokasikan.
Saya sih merasa cara ini sepertinya cukup jitu asal kita konsisten. Sekarang silahkan kita semua untuk mempraktekkan cara jitu ini. 
Semoga Berhasil!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes |